4 Jenis Makanan Berikut Ini Bisa Kurangi Rasa Ingin Muntah dan Mual-mual, Termasuk Makanan Kaya Protein

TOPIKINDONESIA.COM – Terkadang rasa mual muncul tanpa kenal waktu, kondisi ini biasanya disebabkan oleh banyak hal.

Mulai dari obat-obatan, penyakit, kehamilan, flu perut, keracunan makanan, stres, juga kondisi pencernaan.

Tapi jangan khawatir, konsumsi sejumlah dipercaya dapat membantu meringankan gejala mual.

Sebagaimana dikutip dari laman EatingWell, Rabu (8/5/2024), berikut beberapa jenis makanan yang bantu hilagkan rasa mual:

1. Jahe

Seorang konsultan kesehatan kanker, Pam Hartnett mengatakan konsumsi jahe telah terbukti secara ilmiah ampuh membantu mengurangi gejala mual.

Baca artikel lainnya di sini : Termasuk Disrupsi Rantai Pasok Global yang Belum Sepenuhnya Pulih, Indonesia Hadapi Beberapa Risiko Global

“Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mempercepat proses pengosongan lambung dan meningkatkan kontraksi lambung tertentu, yang keduanya bermanfaat untuk melawan rasa mual,” ungkap Pam Hartnett.

Ahli diet yang menggagas The Vitality Blog itu menyampaikan bahwa jahe biasa digunakan sebagai pereda mual

Baca artikel lainnya di sini : Ganjar Pranowo Deklarasi Menjadi Oposisi, Pastikan Tak akan Gabung di Kabinet Prabowo – Gibran

Bagi pengidap kanker, terutama bagi pasien yang sedang menjalani kemoterapi.

“Cara favorit saya menikmati jahe adalah dicampur dengan teh panas, dibuat jus, diberi dengan perasan lemon segar, atau dengan sedikit madu,” tuturnya.

2. Makanan Kaya Protein

Menyantap makanan kaya protein ketika mual melanda akan membantu meredakan sensasinya.

Studi pada 2023 yang telah terbit di Nutrients menemukan korelasi antara mengonsumsi lebih banyak protein dan lebih sedikit kejadian mual ekstrem pada ibu hamil.

“Menariknya, jika Anda memilih antara makanan padat atau cair, penelitian menunjukkan bahwa bentuk cair, seperti protein shake, mungkin memiliki manfaat tambahan dalam mengurangi rasa mual,” terangnya.

3. Apel

Sebuah studi tahun 2021 di BMJ Open terhadap para ibu hamil menemukan bahwa apel adalah salah satu makanan yang paling dapat ditoleransi dengan baik selama mual di pagi hari.

Para peserta studi juga diberi semangka, biskuit, dan roti putih, namun mereka sepakat bahwa apel yang lebih mudah dimakan tanpa menimbulkan terlalu banyak rasa mual.

Penelitian lain pada 2021 yang dimuat dalam Journal of Research in Medical Science juga membuktikan bahwa minum suplemen sirup apel membantu mengurangi rasa mual pada pasien yang menjalani pengobatan kanker.

“Antioksidan dalam apel diyakini membantu mengurangi refleks muntah dalam tubuh,” ucap pakar diet terdaftar, Natalie Rizzo.

4. Vitamin B6

Seorang pakar diet terdaftar Alyssa Lavy, yang merupakan pemilik Alyssa Lavy Nutrition & Wellness, juga menyarankan suplemen atau makanan kaya vitamin B6.

“Ada bukti yang mendukung penggunaan vitamin B6 untuk mengurangi mual dan muntah, dan pengobatan ini sering direkomendasikan pada kehamilan,” jelas Alyssa Lavy.***

Sempatkan juga untuk membaca berbagai berita dan informasi lainnya di media online Bisnispost.com dan Mediaagri.com

Sedangkan untuk publikasi press release di media online ini, atau pun serentak di puluhan media lainnya, dapat menghubungi Jasasiaranpers.com.

WhatsApp Center: 085315557788, 087815557788, 08111157788.

Pastikan juga download aplikasi portal berita Hallo.id di Playstore (android) dan Appstore (iphone), untuk mendapatkan aneka artikel yang menarik.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *